Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 9

Preview:


Sesampainya di tempat tujuan, mereka membeli tiket dan memasuki kawasan tersebut. Angin di pagi hari dan udara yang begitu sejuk dengan menemani ke dua insan tuhan yang berjalan-jalan di atas pasir pantai ini.

“Aisyah! Kita beli minuman dulu yuk!.”

Ajak Aurel yang tengah kehausan

“boleh!” terang Aisyah.

Ketika hendak membeli minum, mereka berdua lewat di depan gerombolan geng yang jauh dari norma agama. Ketuanya walaupun berparas elok, ia memakai anting dan beberapa tindik di bibir dan hidungnya.

“hai nona manis!.” ucap anak buahnya sambil menggoda Aurel.

“apa lho lihat-lihat?! Lo mau gue timpuk pake sandal ini!” jawab Aurel sambil memegang sandal yang hendak menghantamkan kepada pria di sana.

“sudah rel! Jangan diladenin!,” pinta Aisyah sambil berteriak.

Hal itu menyebabkan ketua genk berdiri dan berada di hadapan Aisyah.

“masih saja ada orang katrok di zaman modern seperti ini!” sindir ketua genk tersebut.

“apa urusannya sama lho?!” bentak Aurel

“eh lho diem ya! Gue lagi ngomong sama wanita bercadar kayak ninja ini. Hahahaha…” Tertawanya yang lantang dan begitu puas.

“heh! Lho itu pantasnya pakai pakaian yang seperti gadis di sana itu!,” tambah ketua genk sambil menunjuk ke arah gadis yang berpakaian ketat yang membuka paha dan tidak menutupi aurat.

Pelupuk mata Aisyah kemudian berkaca-kaca dan menjawab ocehan ketua genk tersebut.

“asal anda tahu, di zaman dulu manusia hanya menutupi sebagian tubuhnya. Dan kini saya telah mencapai kepada puncak modernisasi, saya telah menutupi semua aurat saya. Jika keterbukaan aurat yang menjadi kemajuan untuk saat ini, maka binatanglah yang paling maju!,” jelas Aisyah panjang lebar.

Aisyah lalu kembali ke tepi pantai sambil menarik tangan Aurel.

Bingkai Cadar Ungu

latar waktunya adalah..

A. pagi hari

B. siang hari

C. sore hari

D. malam hari


Malam hari seperti biasanya, gadis yang akrab dipanggil Aisyah ini meletakkan tangannya di depan jendela kamarnya. Wajahnya sadari tadi menghadap ke langit yang bertaburan ribuan bintang dan…

“kreet…” bunyi pintu kamarnya terbuka sontak Aisyah langsung memalingakan wajahnya ke arah pintu tersebut. Di sana sudah berdiri seorang gadis sebanyanya sedang tersenyum.

“Aisyah! Besok kamu ikut ya ke pesisir pantai” ucap gadis itu yang ternyata adalah Aurel. Dia adalah sahabat dekat Aisyah. Penampilanya tidak begitu tertutup. Ia berpakaian rok mekar sampai menutupi mata kakinya. Lengan baju hanya sampai sikunya. Dan rambut Aurel dikuncir satu laksana mirip ekor kuda.

“hm… Buat apa aku kesana Rel?”. Tanya Aisyah.

“ya… Kamu bisa refresh otak kamu dan bisa bermain dengan alam” jawab Aurel dengan meyakinkan Aisyah.

“aku bisa refresh otak ku dengan membaca lantunan ayat suci al-qur’an, dan berkunjung ke masjid jika ingin bermain dengan alam,” ucap Aisyah dengan panjang lebar.

“iya sih… Tapi kamu ikut dong aku besok. Please!” pinta Aurel dengan menunjukkan raut muka yang penuh permohonan.

“ya sobat ku!.” terang Aisyah yang menerima ajakan Aurel

Girang Aurel dengan memeluk Aisyah.

Bingkai Cadar Ungu

A. alur maju

B. alur mundur

C. alur maju mundur

D. alur mundur maju


Bacalah kalimat berikut.

Ketika pergi, mereka meninggalkan buku, kalkulator, dan, mesin tik.

Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …

A. Setelah dan

B. setelah kata pergi

C. setelah kata buku

D. setelah kata kalkulator


Bekantan biasanya mengonsumsi: buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan.

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …

A. titik (.)

B. koma (,)

C. hubung (-)

D. titik dua (:)


Bacalah kutipan cerpen berikut!

Dua minggu sudah kau pergi. Meninggalkan jejak-jejak abadi di hidupku. Warnanya mulai kusam, sayang. Bukan mungkin lagi, karena usia kita sudah tua. Aku tak pernah menyangka bahwa minggu lalu adalah hari terakhir kita berkumpul bersama anak-anak yang kita cinta. Yang sudah kita besarkan dengan kasih sayang. Dari dekapan seorang ayah sepertimu. Itu sangat membuat kami tenang.

Seyuman Terindah Darimu

Tema dari kutipan cerpen tersebut adalah..

A. kehilangan

B. kesepian

C. kerinduan

D. kesendirian


Aku disini. Duduk di bawah batang pohon bunga Sakura dengan mahkota bunganya yang berwarna putih. Terbayang wajahmu, yang sekarang entah dimana.

Angin musim semi berhembus. Membuat ranting-ranting pohon itu bergoyang. Hanya hembusan pelan, tapi beberapa kelopak bunga Sakura terlepas dari rantingnya. Melayang-layang, sebelum akhirnya jatuh tepat di pangkuanku. Musim semi yang sama dengan tahun lalu. Tapi terasa berbeda tanpa adanya kau.

Teringat musim semi terakhir yang kita rayakan bersama. Disini. Di bawah pohon bunga Sakura ini. Dengan perasaan bahagia, merayakan hari kelulusan kita berdua.

Satu tahun berlalu, tapi aku masih ingat betul kejadian malam itu. Ditengah perasaan suka cita, kau bilang padaku akan pergi ke tempat yang jauh.

Bahkan aku masih mengingat angin musim semi yang berhembus kala itu. Hening setelah kau berkata tadi. Hening yang tidak pernah muncul sejak kita berdua menjadi sepasang sahabat. Ingin sekali aku menangis dan berkata apapun untuk mencegahmu pergi. Tapi aku tidak bisa. Itu pilihanmu.Sahabatku

Kelopak Bunga Sakura

A. orang pertama pelaku utama

B. orang kedua pelaku utama

C. orang pertama pelaku sampingan

D. orang kedua pelaku sampingan


Bacalah teks berikut.

(1)Dalam waktu dekat pemerintah akan mengujicobakan Sekolah Seharian di beberapa kota. (2)Sekolah Seharian diharapkan dapat menanggulangi aktivitas negatif anak saat orang tua mereka belum pulang. (3)Namun beberapa pihak menganggap Sekolah Seharian memberangus hak main dan hak sosialisasi anak. (4)Terlepas dari pro kontra di beberapa negara program ini sudah dilaksanakan. (5)Ujicoba Sekolah Seharian sebaiknya di kota yang tepat sasaran.

Pernyataan yang merupakan pendapat mendukung terhadap masalah utama pada teks tersebut terdapat pada kalimat …

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5


Candi ini berdiri di Lereng barat gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah …

A. Candi ini berdiri di lereng Barat Gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.

B. Candi ini berdiri di lereng barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.

C. Candi ini berdiri di lereng Barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.

D. Candi ini berdiri di lereng barat gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.


Seharian aku menangis, namun tidak mempengaruhi sikap ayahanda. “Engkau adalah calon Raden Ayu,” kata ayahku suatu hari. “Tidak pantas melebihi kepandaian suamimu. Kecuali itu engkau harus belajar mengetahui tata karma sehingga tidak memalukan suamimu kelak. Seorang Raden Ayu, harus berjiwa bangsawan. Selain itu, Karti, engkau adalah seorang Bumiputra. Orang Jawa turunan Raja Majapahit.

Sejak itu, pintu kamarku sudah tertutup. Sekali waktu saja, Everdine menjengukku. Sahabatku yang akrab itu tak jadi berangkat ke Perancis, karena ayahnya sakit keras. Ia membatalkan bepergian, sambil menunggu saat pendaftaran berikutnya. (Mayon Sutrisno: Hidupku Sesudah Max Havelaar)

Tema pada kutipan cerita tersebut adalah …

A. Ketidakharmonisan keluarga bangsawan.

B. Kehidupan bangsawan pada zaman Majapahit.

C. Persahabatan dua orang wanita berbeda bangsa.

D. Adat yang membatasi kebebasan seorang wanita.


berikut ini manakah yang termasuk judul laporan percobaan.

a. membuat slime tanpa boraks

b. bencana banjir diibukota

c. prestasi tanpa narkoba

d. yakult, minuman yang menyehatkan


Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Joshua tak kunjung minta maaf. Sudah dua kali dia mencelakakanku tetapi masih saja dia belum meminta maaf kepadaku. Walau begitu, aku tetap memaafkannya.

Aku pun sembuh. Lalu aku masuk sekolah seperti biasanya. Semua berjalan dengan lancar. Namun tetap, jangan harap aku bisa berteman baik dengan Joshua setelah semua kejadian itu. Memang sebelumnya hubungan kami tidak dekat, tetapi karena kejadian itu aku makin tak mau berhubungan dengannya, apapun itu. Aku makin menghindarinya, dan itu tidak sulit.

Tak terasa aku sudah naik ke kelas tiga. Tetapi anggota kelasku ada yang kurang. Ternyata, Joshua tidak naik kelas. Aku sih biasa saja. Malah bersyukur, akhirnya aku tidak sekelas lagi dengan Joshua. Mungkin itu semua ada hikmahnya. Joshua harusnya bisa berubah. Berubah menjadi tidak nakal lagi, berubah menjadi anak yang rajin dan tentunya sayang kepada semua temannya dan patuh kepada semua guru-guru di sekolah. Ya, ku harap Joshua berubah. Semoga saja harapanku terkabul.

Luka Pensil

A. Memikirkan nasib orang lain

B. Memaafkan kesalah orang lain

C. Mengingat kesalahan orang lain

D. Setia kawan


Bacalah paragraf di bawah ini dengan seksama !

Pemerintah akan memantau harga – harga kebutuhan bahan pokok di pasaran pada saat menjelang dan selama bulan ramadhan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tindakan – tindakan nakal para pedagang yang menjual dengan harga yang sangat tinggi. Jika harga bahan pokok di pasaran melonjak, maka pemerintah akan bertindak dengan melakukan operasi pasar.

Kalimat kritik yang tepat pada isi paragraf di atas adalah….

A. Pemerintah seharusnya memantau harga barang pokok tidak hanya selama bulan Ramadhan

B. Pemerintah harus menurunkan harga bahan pokok selama bulan ramadhan

C. Pemerintah seharusnya menindak para pedagang yang berlaku curang

D. Pemerintah harus mengadakan operasi pasar salama bulan Ramadhan


Febriana harus pulang sekolah naik bus. Tidak bisa pulang bareng dengan mobil papinya. Papinya ada undangan mendadak. Dia baru saja belajar Bahasa Inggris di kelas. Dia juga little-little can berbahasa Inggris.

Ketika menunggu bus di halte, Febriana kesenggol orang asing asal India sehingga buku-buku yang dibawa olehnya jatuh ke tanah.

“Oh, I’m sorry,” kata India. Kemudian dia membantu memunguti buku-buku yang berserakan di tanah.

“Oh, nggak papa,” Febriana keceplosan berbicara Bahasa Indonesia. Dan orang India tidak mengerti sama sekali dengan apa yang dikatakan Febriana barusan. Kemudian Febriana berbicara Bahasa Inggris. “Never mind. Thank you for your helping,” balas Febriana. (Lanang Sejagad: Jomblo Galau Kronis)

Nilai moral yang terdapat pada teks cerita tersebut adalah …

A. membantu orang yang sedang mendapat musibah

B. berbicara dengan seseorang dengan baik dan sopan

C. berhati-hati berbicara dengan orang yang belum dikenal

D. meminta maaf jika melakukan kesaLahan kepada orang lain


Bacalah teks berikut.

Angka partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 9 Desember mendapat sorotan. Data sementara, partisipasi pemilih rata-rata sekitar 50% sampai 60%. Capaian target yang ditetapkan KPU sebesar 77,5%. Bahkan di wilayah seperti Kota Medan, partisipasi pemilih hanya sekitar 26%. Di Pacitan angka partisipasi hanya diikuti sekitar 60% pemilih dari total daftar pemilihan tetap 467.890 orang. Di Kabupaten Bangka Tengah, partisipasi hanya mencapai 61%. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, rata-rata tingkat partisipasi pemilih juga tak mencapai target. (Koran Sindo: 11 Desember 2015)

Simpulan dari teks tersebut adalah …

A. Pilkada serentak tanggal 9 Desember tidak sesuai tujuan.

B. Pelaksanaan Pilkada 9 Desember mengecewakan masyarakat.

C. Keikutsertaan masyarakat pada Pilkada 9 Desember memprihatinkan.

D. Jumlah pemilih pada Pilkada 9 Desember didominasi masyarakat di desa.


Kalimat persuasi penutup yang tepat adalah …

A. Masyarakat jangan percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus lampu merah, dan di pinggir-pinggir jalan.

B. Dengan demikian, hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu.

C. Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

D. Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan tsunami di pinggir-pinggir jalan.


“Ibu bukan tidak setuju Dinda sekolah di SMA 8, tapi jauh… Dinda harus berangkat jam berapa?” kata ibu. Dinda terdiam. Formulir pendaftaran dibiarkannya terbuka dan bergerak-gerak dimainkan kipas angin.

“Teman-teman Dinda pada daftar di sana, Bun,” kata Dinda meyakinkan ibunya.

“Jangan gitu, Din. Kita memilih sekolah jangan karena teman banyak. Kita harus punya prinsip. Bunda tahu SMA 8 bagus, bunda juga percaya Dinda bisa masuk sana. Tapi Dinda harus naik angkot tiga kali belum lagi kalau macet,” kata ibu.

“Tapi, Dinda kan bisa kost deket, sana Bun,” Dinda meyakinkan.

“Kost…jangan, jangan. Kalau begitu Dinda sekolah di Surabaya saja ikut nenek sekalian,” timpal ibu.

Konflik yang terjadi pada teks tersebut adalah …

A. keinginan Dinda untuk kost

B. perbedaan pendapat antara Dinda dengan ibunya

C. Dinda ingin sekolah dekat dengan teman-temannya

D. Dinda dipaksa oleh ibunya untuk sekolah di Surabaya


Seharian aku menangis, namun tidak mempengaruhi sikap ayahanda. “Engkau adalah calon Raden Ayu,” kata ayahku suatu hari. “Tidak pantas melebihi kepandaian suamimu. Kecuali itu engkau harus belajar mengetahui tata karma sehingga tidak memalukan suamimu kelak. Seorang Raden Ayu, harus berjiwa bangsawan. Selain itu, Karti, engkau adalah seorang Bumiputra. Orang Jawa turunan Raja Majapahit.

Sejak itu, pintu kamarku sudah tertutup. Sekali waktu saja, Everdine menjengukku. Sahabatku yang akrab itu tak jadi berangkat ke Perancis, karena ayahnya sakit keras. Ia membatalkan bepergian, sambil menunggu saat pendaftaran berikutnya. (Mayon Sutrisno: Hidupku Sesudah Max Havelaar)

Penggambaran watak Karti pada cerita tersebut adalah …

A. perbuatan tokoh

B. diceritakan langsung

C. diceritakan tokoh lain

D. perkataan tokoh itu sendiri


Raditya Dhika merupakan novelis yang produktif, karena ia telah menghasilkan banyak novel yang berkualitas dan menarik

Pendapat pesetujuan (Pro) yang sesuai dengan kaimat di atas adalah
_
A. Raditya Dhika Baru saja mengeluarkan novel baru

B. Menurut Saya , boleh saja anda berpendapat begitu

C. Menurut saya , Raditya dhika bukan merupakan novelis yang handal

D. Saya sependapat dengan anda, terbukti dari penghargaan –


Bacalah Paragraf berikut ini dengan seksama !

Pengelola tempat wisata Curug Bersih memperkirakan ada sekitar 15 ribu pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini pada masa liburan anak sekolah tahun ini. Perkiraan ini dianggap tidak berlebihan karena membludaknya jumlah pengunjung yang datang pada musim liburan tahun lalu. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola akan menyiapkan beberapa macam hiburan, seperti pentas musik dan pertunjukan – pertunjukan seni lainnya.

Gagasan utama paragraf di atas adalah….

A. Pentas musik di tempat wisata Curug Bersih

B. Membludaknya jumlah pengunjung di tempat wisata ini

C. Perkiraan jumlah pengunjung tempat wisata Curug Bersih tahun ini

D. Pengelola menyiapkan beberapa hiburan untuk menambah daya tarik tempat wisata ini


Bacalah teks berikut.

(1)Jepang termasuk negara kaya meskipun kekurangan sumber daya alam. (2)Hanya 15 persen wilayah Jepang yang dapat dijadikan lahan pertanian. (3)Namun, Jepang dapat memenuhi sekitar 70 persen kebutuhan pangan dalam negeri. (4)Beras adalah hasil pertanian dan bahan pangan utama. (5)Buah-buahan, gula bit, teh, dan sayur-sayuran banyak dipanen di berbagai tempat. (Ensiklopedi Pengetahuan Populer 3, 2008)

Kalimat utama teks tersebut adalah …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (5)




Tentang LatihanSoalOnline.com

Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.