Latihan Soal Online

Latihan Soal Online - SD/MI - SMP/MTs - SMA | Kategori : Semua Soal



SMA Kelas 10 / Pra Aksara - Sejarah SMA Kelas 10

Pulau Samosir menyimpan beragam keindahan mulai dari pemandangan alam, kebudayaan lokal, hingga peninggalan dan kisah sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Samosir menyimpan peninggalan sejarah terutama tentang suku Batak yang masih menarik untuk diteliti. Tinggalan megalitik di pulau ini berupa pemakaman raja Sidabutar, batu persidangan Sialagan, sarkofagus di Tomok, tempayan kubur batu di Ambarita, kubur batu, meja-kursi batu, lesung batu, dan batu dakon merupakan bukti peninggalan sejarah pada zaman megalitikum di tanah batak.

Morfologi sarkofagus yang digunakan di wilayah Tomok ini berbentuk empat persegi panjang dan pada bagian atasnya melebar, berbentuk menyerupai kapal (solu Bolon) sebagai perlambang wahana si mati yang digunakan menuju alam arwah. Tradisi Megalitik Tomok sangat berkaitan dengan penghormatan terhadap leluhur. Masyarakat Batak Toba percaya adanya konsep roh, dan adanya kehidupan setelah mati. Adanya perjalanan roh ke alam arwah, dan juga adanya penghormatan terhadap leluhur. Hal itu teridentifikasi dalam berbagai wadah kubur, patung-patung, dan tinggalan megalitik lainnya.

Pernyataan di atas merepresentasikan tradisi megalitik….

A. Mehir

B. Dolmen

C. Sarkogafus

D. Kubur Batu

Pilih jawaban kamu:
         


Pilih soal berdasarkan kelas

SD Kelas 1SD Kelas 2SD Kelas 3SD Kelas 4SD Kelas 5SD Kelas 6SMP Kelas 7SMP Kelas 8SMP Kelas 9SMA Kelas 10SMA Kelas 11SMA Kelas 12

Trending Topik

Loading...

Preview soal lainnya:

Ulangan 2 IPS SMP Kelas 9 › Lihat soal

Adanya internet banking yang mempermudah transaksi jual beli merupakan dampak globalisasi di bidang…

A. Politik

B. Ekonomi

C. Sosial dan Budaya

D. Informasi dan Komunikasi


Rosul - PAI SMP Kelas 8 › Lihat soal

Nabi Adam merupakan manusia yang pertama di dunia dan nabi yang pertama. Nabi Adam pada mulanya tinggal di surga lalu diturunkan ke dunia. Istri Nabi Adam bernama … .

A. Siti Hajar

B. Siti Hawa

C. Siti Maryam

D. Siti Fatimah


Materi Latihan Soal Lainnya:

Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.