Latihan Soal Online

UH Bahasa Indonesia SMA Kelas 10

Latihan soal dan kunci jawaban UH Bahasa Indonesia SMA Kelas 10.


Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari. Jenis pola pengembangan paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah…

A. deduktif

B. induktif

C. campuran

D. induktif-deduktif

E. deduktif-induktif


Jawaban:

Pada tahun 2005 – 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam. (Sumber: www.buletinpilar.com dengan penyesuaian). Sturktur teks eksposisi pada penggalan teks di atas adalah…

A. argumentasi berupa fakta

B. argumentasi berupa hasil temuan

C. argementasi berupa para ahli

D. argumentasi berupa alasan logis

E. argumentasi berupa pernyataan para ahli


Jawaban:

Lalu, usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Akan tetapi, justru kesempatan itu menjadi titik tolak untuk memulai suatu perubahan. Perubahan untuk dapat mencegah dan meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan di tengah-tengah lingkungan hidupnya. (Sumber teks: http://almaky.blogspot.com dengan penyesuaian). Jenis pola paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah…

A. induktif

B. deduktif

C. campuran

D. induktif-deduktif

E. deduktif-induktif


Jawaban:

(a) pemikiran sendiri

(b) pengamatan

(c) bersifat objektif dan terdapat klasifikasi

(d) kalimat definisi

Manakah yang termasuk isi teks laporan observasi ….

A. (a), (d), (c)

B. (b), (a), (c)

C. (d), (b), (c)

D. (c), (d)

E. (b), (d)


Jawaban:

Lebah membuat sarang di atas bukit, pohon kayu, dan atap rumah.

Pola kalimat di atas adalah ….
_
A. S P Pel Ket

B. S P O Ket

C. O P S

D. Ket S P O

E. S P O Ket Ket


Jawaban:

Untuk melihat semua kebudayaan daerah Indonesia, kalian tak perlu menyusuri Nusantara. Di TMII, semua kebudayaan daerah Indonesia ditampilkan. Untuk itulah penulis melakukan perjalanan wisata ke TMII.

Kalimat di atas merupakan kutipan …

A. definisi umum/Klasifikasi

B. deskripsi bagian

C. penutup

D. kesimpulan

E. Aspek yang dilaporkan


Jawaban:

Pola paragraf yang topik utama terletak di akhir paragraf disebut…

A. Deduktif

B. Induktif-deduktif

C. Induktif

D. Campuran

E. Deduktif-induktif


Jawaban:

1) Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup. 2) Vertebrata binatang yang mempunyai tulang belakang, sedangkan invertebrata binatang yang tak bertulang belakang. 3) Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok. 4) Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak dapat bergerak. 5) Benda hidup membutuhkan makanan.

Kalimat di atas yang merupakan kalimat simpleks adalah ….

A. 1), 3), 5)

B. 1), 2), 3)

C. 1), 2), 5)

D. 2), 3), 5)

E. 2), 4), 5)


Jawaban:

Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah daerah masih belum merata. Ada beberapa wilayah di daerah tersebut yang sama sekali belum tersentuh bantuan. Seharusnya pemerintah daerah lebih mengutamakan wilayah paling terpencil dan sulit dijangkau. Hal tersebut karena wilayah terpencil tersebut sangat membutuhkan bantuan.

Persamaan kata “mengutamakan” dari bagian teks eksposisi di atas adalah ….
_
A. Memajukan

B. Mendahulukan

C. Mengusulkan

D. Mengharuskan

E. Mengiyakan


Jawaban:

Pertanian yang dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan zaman. Cara bertani konvensional ini dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari tingkat kebutuhan pangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, sekarang sedang dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu melipatgandakan produksi pangan sekaligus meningkatkan kualitasnya.

Ide pokok dalam paragraf di atas dikembangkan secara ….
_
A. induktif

B. generalisasi

C. deskriptif

D. deduktif

E. analogi


Jawaban:

Benda hidup dan biasa disebut makhluk hidup memiliki ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, atau mempunyai keturunan.

Konjungsi yang tepat untuk memperbaiki kata yang dimiringkan adalah ….

A. serta – dengan

B. atau – sama

C. juga – dan

D. dengan – dan

E. atau – dan


Jawaban:

Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena sinar matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan air laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, dan goropa. Ikan laut Indonesia yang sudah dijadikan industri antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, dan baronang.

Makna kata yang dicetak tebal adalah ….

A. bahan pengakibat

B. kotor dan kurang bersih

C. pencemaran

D. tidak sehat

E. bahan peledak


Jawaban:

Ikan air tawar dibagi menjadi tiga golongan, yakni ikan peliharaan, ikan buas, dan ikan liar. Ikan peliharaan terdiri atas ikan-ikan yang mudah diperbanyak, contoh: ikan bandeng, mas, gurami, dan lainnya. Ikan buas memiliki sifat jahat terhadap ikan-ikan lain, seperti ikan gabus dan ikan lele. Ikan liar, meskipun jarang dipelihara, tetapi memiliki keuntungan secara ekonomis, misal, ikan pari, buntel, dan jeler.

Paragraf di atas merupakan bagian struktur teks LHO yang disebut ….
_
A. deskripsi

B. definisi

C. deskripsi bagian

D. deskripsi manfaat

E. pernyataan umum


Jawaban:

Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni, dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit. Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .

A. Definisi

B. Proses

C. Ilustrasi

D. Laporan

E. Klasifikasi


Jawaban:

Anak remaja kini berbeda dengan anak remaja dulu. Jika dulu anak remaja sangat patuh, hormat, dan sopan kepada orang tua, kini sangat jarang anak remaja yang mana masih berlaku patuh dan sopan. Apalagi kepada orang tua yang tidak atau belum dikenal. Keadaan seperti ini bisa jadi merupakan akibat dari kurangnya pendidikan kesopanan dan kesantunan.

Dalam teks di atas, terdapat kalimat yang perlu disunting, yaitu kalimat….
_
A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

E. pertama dan keempat


Jawaban:

(1) Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. (2) Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. (3) Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). (4) Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. (5) Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia. (Sumber teks: www.buletinpilar.com dengan penyesuaian). Kalimat penjelas pada penggalan teks eskposisi di atas ditandai dengan nomor…

A. 1

B. 1,2,3,dan 4

C. 2,3,4, dan 5

D. 2,3, dan 4

E. 1,2, dan 5


Jawaban:

1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. 2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. 3) Namun, setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. 4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. 5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.

kalimat fakta dalam paragraf tersebut dapat pada kalimat nomor ….
_
A. 1)

B. 2)

C. 3)

D. 4)

E. 5)


Jawaban:

(1) Dalam kehidupan sehari-hari manusia bergantung pada sarana komunikasi . (2) Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi. (3) Sarana komunikasi membantu manusia dalam banyak hal, salah satunya dalam kehidupan sosial. (4) Sarana komunikasi yang digunakan manusia ada yang sederhana dan modern. (5) Kebudayaan manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor …

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)


Jawaban:

Rupanya kecepatan angin sangat memengaruhi keras lemahnya suara kincir. Makin keras angin bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumbu kincir pun bertambah keras.

Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan hasil observasi di atas adalah ….
_
A. jenis-jenis kecepatan angin

B. Pengaruh kecepatan angin terhadap kincir angin.

C. Hubungan antara kecepatan angin dengan perputaran kincir angin.

D. Tiupan angin dapat menyebabkan berputarnya kincir angin.

E. Gesekan sumbu kincir angin sebagai akibat tiupan angin.


Jawaban:

Teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil kegiatan observasi disebut …

A. laporan hasil observasi

B. laporan

C. eksplanasi

D. deskripsi

E. prosedur kompleks


Jawaban:

Sebelum menyunting teks eksposisi, seseorang harus memahami dulu karakteristik dari teks eksposisi. Salah satunya adalah adanya argumentasi bersifat satu sisi. Maksudnya adalah…

A. Penulis memiliki satu argumen.

B. Penulis mendukung apa yang dibicarakan dalam tulisan

C. Penulis menolak apa yang dibicarakan dalam tulisan.

D. Penulis memihak pada satu sisi, mendukung atau menolak.

E. Penulis memiliki banyak argumen


Jawaban:

Teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut dikarenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput.

Ide pokok paragraf di atas adalah…

A. Teh hijau berfungsi menjaga kesehatan kulit.

B. Teh hijau melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet.

C. Teh hijau mampu membuat kulit tidak cepat keriput.

D. Teh hijau menjaga kesehatan tubuh.

E. Teh hijau baik untuk dikonsumsi.


Jawaban:

Bacalah paragraf berikut!

Keunggulan obat tradisional, jika dibandingkan dengan obat modern, lebih aman, dan ekonomis.

Nomina dasar yang terdapat pada kalimat di atas adalah…

A. Keunggulan

B. Jamu

C. Obat

D. Tradisonal

E. Suntikan


Jawaban:

Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).

Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….

A. Tari Remo Masih Diminati Anak-anak

B. Tari Remo sebagai Seni Budaya Jawa Timur

C. Festival Budaya di Surabaya

D. Ikon Budaya Jawa Timur

E. Belajar Tari Remo


Jawaban:

Bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Disebut apa struktur teks eksposisi yang dimaksud ….

A. Pernyataan pendapat (tesis)

B. Argumentasi

C. Contoh

D. Fakta

E. Penegasan ulang


Jawaban:

Materi Latihan Soal Lainnya:



Tentang LatihanSoalOnline.com

Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.