Latihan Soal - SD/MI - SMP/MTs - SMA | Kategori : Semua Soal


Latihan Soal Tema 7 Subtema 1 SD Kelas 3

Preview:


Agar tercipta keluarga dan lingkungan pertemanan yang rukun, harmonis, tenteram, dan saling menyayangi, maka dalam menghadapi perbedaan makanan kesukaan yang terdapat pada keluarga maupun teman kita, sikap kita seharusnya. . .

A. Saling menghargai makanan kesukaan masing-masing orang

B. Masa bodoh dengan makanan kesukaan orang lain

C. Makanan kesukaan kita adalah makanan yang terenak


Nugget

Nugget yang belum digoreng dapat dimasukkan ke kulkas agar lebih tahan lama. Biasanya nugget bisa bertahan selama satu sampai tiga minggu dalam lemari es. Namun, sebaiknya perhatikan kembali kondisi nugget tersebut. Jika sudah berubah warna dan muncul jamur, nugget sudah tidak boleh dikonsumsi lagi.

Nugget merupakan salah satu hasil teknologi pangan. Dari teks tersebut, apa manfaat dari adanya teknologi pangan?

A. Menjadikan makanan cepat saji

B. Menjadikan makanan lebih tahan lama

C. Menjadikan makanan cepat membusuk


Tempe terbuat dari kedelai. Proses pembuatan tempe diawali dari fermentasi kedelai. Kedelai direndam seharian penuh dengan menggunakan air dingin. Kemudian biji kedelai dikukus hingga lunak. Kedelai yang telah lunak ditiriskan. Ragi ditaburkan sedikit demi sedikit lalu dibungkus dengan daun pisang atau plastik. Setelah kedelai dibungkus, diamkan selama satu atau dua hari hingga kacang kedelai tertutup jamur. Dari teks tersebut, urutan proses pembuatan tempe yang benar adalah. . .

A. Fermentasi kedelai, kedelai direndam, ditaburi ragi, dikukus, ditiriskan, dibungkus daun pisang atau plastic

B. Fermentasi kedelai, kedelai direndam, dikukus, ditaburi ragi, dibungkus daun pisang atau plastic

C. Fermentasi kedelai, kedelai direndam, dikukus, ditiriskan, ditaburi ragi, dibungkus daun pisang atau plastik


Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju, permen, mentega, hingga eskrim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak. Manakah yang termasuk olahan dari susu sapi?

A. Keju, eskrim, permen, selai

B. Eskrim, permen, nata de coco, keju

C. Permen, keju, eskrim, mentega


Hari minggu, Ibu pergi ke pasar dan membeli daging sapi. Sesampai di rumah, Ibu mengolah daging tersebut untuk dibuat makanan. Hasil olahan yang dapat dihasilkan ibu adalah. . .

A. Nugget, kornet, mie

B. Sosis, kornet, nugget

C. Bakso, soto, mie


Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru yang lebih tahan lama. Contoh makanan baru yang dihasilkan dari tumbuhan adalah nata de coco yang merupakan hasil dari olahan air kelapa. Contoh makanan baru yang dihasilkan dari hewan adalah keju yang merupakan hasil olahan dari. . . .

A. Air kelapa

B. Susu sapi

C. Kedelai


Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas adalah hasil teknologi pangan yang dibawakan sebagai oleh-oleh khas dari Semarang. Rasanya enak, duri dan dagingnya lunak, serta mengandung banyak zat gizi. Hasil olahan pangan yang terdapat pada gambar dibuat menggunakan. . .

A. Panci presto yang memiliki tekanan uap tinggi sehingga menjadi lunak

B. Microwave yang memiliki pemanggang bertekanan tinggi menajadi lunak dan enak

C. Alat pemanggag canggih sehingga menjadi ikan bakar yang enak


Salah satu teknik pengawetan makanan adalah pengeringan. Teknologi pengeringan dapat ditemukan pada pengawetan ikan asin. Ikan asin dijemur sehingga kadar air di dalam ikan berkurang. Teknik ini digunakan untuk mengurangi kandungan mikroba dalam ikan sehingga ikan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Mengapa teknologi pengeringan digunakan dalam pengawetan ikan asin?

A. Agar ikan cepat matang

B. Agar ikan cepat kering

C. Agar kandungan mikroba dalam ikan berkurang sehingga ikan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama


Bacalah teks berikut dengan cermat!

Cara mengemas bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan. Agar ikan bertahan hingga tiga bulan, kita harus mengemasnya menggunakan. . .

A. Daun pisang

B. Plastik tahan udara

C. Plastik


Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebih lama. Dari teks tersebut, yang merupakan teknik dalam teknologi pangan adalah sebagai berikut, kecuali. . .

A. Penyimpanan

B. Pengawetan

C. Pemanggangan




Tentang LatihanSoalOnline.com

Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.