Latihan Soal - SD/MI - SMP/MTs - SMA | Kategori : Semua Soal


Latihan Soal Teks Prosedur - Bahasa Indonesia Kelas 11

Preview:


Cermatilah teks prosedur berikut.

Proses pembuatan nata de coco

1. Saringlah air kelapa menggunakan saringan halus! Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.

2. Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit!

3. Selama pemanasan berlangsung, masukan bahan tambahan lainnya!

4. Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai PH tertentu!

5. Pemanasan harus berhenti jika sudah mencapai pH yang dimaksud!

Kelompok kata kerja imperatif adalah ….

A. saringan, pemanasan, berhenti

B. tambahkan, panaskan, masukkan

C. mencapai, berlangsung, menghilangkan

D. saringan, berlangsung, mencapai

E. pemanasan, masukkan, mencapai


Cermatilah teks berikut!

Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….

A. cara memanen buah pisang

B. cara memanfaatkan buah pisang

C. tanda-tanda buah pisang siap panen

D. buah pisang sebagai bahan keripik pisang

E. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja


Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat ….

A. imperatif

B. interigatif

C. baku

D. tanya

E. ke Satu


Cermatilah teks berikut!

Siapkan baskom yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang baru dipetik, masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.

Kata hubung yang tepat dalam teks tersebut yaitu…

A. kemudian, sehingga, dan

B. siapkan, masukkan, campurkan

C. kemudian, siapkan, disaring

D. setelah, campurkan, ditampung

E. campurkan, dan, disiapkan


Bacalah pernyataan berikut!

(1) Memiliki tempat persemaian

(2) Membuat bedeng persemaian

(3) Memberi atap tempat persemaian

(4) Menyemai benih

(5) Pemeliharaan benih

Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….

A. (1),(2),(5)

B. (1),(4),(5)

C. (2),(4),(5)

D. (2),(3),(5)

E. (2),(3),(5)


Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!

(1) Perendaman.

(2) Pemilihan bahan.

(3) Pengupasan.

(4) Penggorengan.

(5) Perajangan/ Pemotongan.

Urutan langkah yang tepat adalah ….

A. (1), (2), (3), (5), (4)

B. (2), (1), (3), (4), (5)

C. (2), (3), (5), (1), (4)

D. (5), (1), (2), (3), (4)

E. (2), (3), (1), (4), (5)


Perhatikan drama pendek berikut!

Bimo : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?”

Sandi : “Jadi, kenapa memangnya?”

Bimo : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….”

Sandi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.”

Bimo : “ Oh bisa ya?”

Sandi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.”

Bimo : “Nomor pelanggan maksudnya?”

Sandi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?”

Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah ….

A. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI

B. Prosedur Registrasi Ujian UI

C. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM

D. Tata Cara Membuka Rekening di Bank

E. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI


Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….

A. memiliki struktur tujuan langkah-langkah

B. menggunakan verbal material

C. lucu dan menarik

D. menggunakan kalimat imperatif

E. menggunakan kalimat partisipan manusia


Perhatikan kutipan drama dibawah ini!

A. Sato : “Eh, Budi, ada apa Bud?

Tumben sore-sore kemari?”

B. Budi : “To, ada waktu ga? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak di atas kanvas dengan cat minyak dong!”

C. Sato : “Melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan walau dibutuhkan keberaniaan dalam aplikasi warna tertentu.”

D. Budi : “Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih .. saya sudah siapkan semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak … udah semua kan? Atau ada yang kurang?”

E. Sato : “Udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba, kamu mulai lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna ….”

Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….

A

B

C

D

E


Bacalah teks prosedur berikut!

Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.

Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….

A. pemilihan bahan pembuatan cincau

B. bahan-bahan pembuatan cincau

C. salah satu langkah pembuatan cincau

D. perlengkapan untuk pembuatan cincau

E. manfaat ekonomis pembuatan cincau




Tentang LatihanSoalOnline.com

Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.