Latihan Soal Online

Teks Diskusi - Bahasa Indonesia SMP Kelas 9

Latihan soal pilihan ganda Teks Diskusi - Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 dan kunci jawaban.


Bacalah kutipan teks diskusi berikut !

Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama yang tinggal di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan bermain olahraga bagi anak-anak semua usia.

Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Tema teks diskusi tersebut adalah ….

A. lingkungan

B. gaya hidup sehat

C. kemasyarakatan

D. permainan


Jawaban:

Bacalah teks diskusi berikut ini.

Masalah lapangan pekerjaan selama ini menjadi persoalan pelik. Pengangguran merupakan salah satu masalah social yang selama ini terjadi di jawa barat. Artinya, masih ada warga yang belum bekerja atau mendapatkan pekerjaan. Banyak orang berharap masalah yang satu ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah.

Pernyataan berikut yang merupakan pendapat terhadap masalah

tersebut adalah…

A. BPS mencatat sampai Februari 2018 tercatat 2.26 juta orang masih menganggur di JawaBarat.

B. Dari hasil survey BPS, lapangan pekerjaan yang selama ini menerima mereka adalah sektor perdagangan, jasa kemasyarakatan, dan industri.

C. Pemerintah sepertinya kurang serius menangani masalah kemiskinan dan pengangguran, mereka hanya memperkaya diri sendiri.

D. Pemerintah daerah harus segera mengatasi masalah pengangguran ini dengan menciptakan lapangan kerja baru yang banyak menyerap tenaga kerja.


Jawaban:

Bacalah kutipan teks berikut !

Hal ini menunjukkan keberadaan media sosial yang bisa berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Dapat dikatakan bahwa lingkungan sosial sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Dengan demikian, jaringan sosial bisa saja berbahaya ‚Äė untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja pengguna jejaring sosial itu sendiri.

Kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian….

A. argumen mendukung

B. argumen menentang

C. pendahuluan

D. simpulan


Jawaban:

acalah teks berikut !

Remaja saat ini tumbuh di zaman internet. Apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Melalui jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi, nomor telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak diekspos. Siapa saja langsung dapat berkenalan meskipun tanpa mengetahui latar belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman yang belum tentu benar dan tepat bisa memengaruhi mental dan kepribadian remaja jika tidak ada pengawasan yang baik dari orang tua atau guru.

Isu dari paragraf teks diskusi tersebut adalah….

A. dampak jejaring sosial bagi kepribadian remaja

B. remaja tumbuh di zaman internet

C. manfaat jejaring sosial

D. orang dapat berkomunikasi walaupun jauh jaraknya


Jawaban:

Cermati kutipan teks berikut!

Hari Valentine atau Valentine’s Day sudah tidak asing lagi di kalangan remaja. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menunggu-nunggu kedatangannya. Bagi mereka, Valentide Day adalah momentum mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar kartu cinta, c0klat, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu seakan menjadi spesial. Namun, di negara kita, perayaan Valentine mengandung kontroversi.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian….

A. argumen pro

B. argumen kontra

C. pendahuluan/isu

D. simpulan


Jawaban:

yang tidak termasuk pihak-pihak yang terlibat dalam diskusi adalah.. . .

A. peserta

B. MC

C. moderator

D. penyaji


Jawaban:

Dalam diskusi kelas, kamu ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan masalah ‚ÄúBahaya Narkotika‚ÄĚ.

Kalimat pendahuluan untuk memulai diskusi yang tepat bagi seorang moderator adalah…

A. Teman-teman, pada saat ini kita akan membicarakan ‚ÄúBahaya Narkotika‚ÄĚ.

B. Teman-teman, sebaiknya diskusi ini kita buka meskipun yang hadir belum lengkap.

C. Sebaiknya diskusi ini kita buka setelah kepala sekolah hadir.

D. ‚ÄúBahaya Narkotika‚ÄĚ merupakan tema diskusi kita hari ini. Marilah kita mulai diskusi ini.


Jawaban:

Perhatikan wacana berikut!

(1) Banyak orang berasumsi bahwa sampah ialah sesuatu yang tidak diperlukan lagi. Maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara dibakar. (2) Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, cara ini bukan dianggap solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. (3) Sampah- sampah yang dibakar bakal menghasilkan polusi udara berupa aroma yang tidak sedap asap pembakaran yang bisa menipiskan lapisan ozon. (4) Pada dasarnya sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. (5) Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan ialah cara paling coc0k dan sesuai untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada. (sumber: https://pelajaran bro.com/2018/01/-contoh-teks-diskusi.html).

Pernyataan yang merupakan argumen menentang pada teks tersebut ditandai dengan nomor…

A. (1) dan (5)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)


Jawaban:

Perhatikan kutipan teks berikut !

Jika sudah diketahui beberapa bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh virus Corona, baiknya kita untuk menghindari cara penularannya dan bersama untuk mencegahnya dengan melaksanakan pola hidup bersih serta patuhi aturan pemerintah demi kebaikan kita bersama.

Pernyataan di atas adalah bagian….

A. pendahuluan/isu

B. arguneb pendukung

C. argumen penentang

D. simpulan


Jawaban:

Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1) Saya harap diskusi ini jangan diteruskan, sudah percuma dan tidak akan menghasilkan simpulan yang bermutu. (2) Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan oleh Saudara penyaji, saya ingin bertanya mengenai….. (3) Saya menyarankan agar pembahasan mengarah pada persoalan… (4) Maaf, jika bisa diskusi ini juga mencari solusi yang tidak menimbulkan risiko apa-apa.

Kalimat yang tidak menggunakan bahasa yang santun dalam diskusi terdapat pada nomor …

A. 4

B. 3

C. 2

D. 1


Jawaban:

Bacalah teks berikut!

(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.

Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ….

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (3), (4), dan (5)


Jawaban:

Perhatikan kalimat- kalimat berikut !

(1) Belajar lebih baik daripada bermain game online. (2) Handphone tidak berbahaya, melainkan sangat bermanfaat bagi kita. (3) Handphone sangat bermanfaat, tetapi bisa juga membahayakan penggunanya. (4) Arjuna sangat rajin, sedangkan Dono sangat malas.

Manakah kalimat yang tidak menggunakan konjungsi pertentangan…

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4


Jawaban:

Bacalah teks berikut ini !

Internet telah banyak menolong manusia dalam segala unsur kehidupan jadi internet memiliki andil penuh dalam kehidupan social. Dengan adanya internet, apa pun bisa kita perbuat baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan pemakai lainnya di semua dunia.

Keberadaan internet memberikan fungsi positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang memperoleh ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pum saat ini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh terhadap belajar. Ada pengaruh positif , tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagai valuta dengan dua sisi, bergantung pada gimana kita menghadapinya.

Informasi yang terdapat pada penggalan teks tersebut adalah ….

A. dampak internet bagi pelajar

B. dampak internet bagi masyarakat

C. manfaat internet bagi pelajar

D. manfaat internet bagi masyarakat


Jawaban:

Perhatikan wacana berikut!

(1) Banyak orang berasumsi bahwa sampah ialah sesuatu yang tidak diperlukan lagi. Maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara dibakar. (2) Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, cara ini bukan dianggap solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. (3)Sampah- sampah yang dibakar bakal menghasilkan polusi udara berupa aroma yang tidak sedap asap pembakaran yang bisa menipiskan lapisan ozon. (4) Pada dasarnya sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. (5) Pengolahan dan penanganan sampah yangn ramah lingkungan ialah cara paling coc0k dan sesuai untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada. (sumber: https://pelajaran bro.com/2018/01/-contoh-teks-diskusi.html).

Pernyataan yang menunjukkan kata yang bertentangan dengan sisi lain dari diskusi pada tek tersebut adalah ….

A. frasa ‚Äúmaka dari itu‚ÄĚ pada kalimat pertama

B. frasa ‚Äútidak sedap‚ÄĚ pada kalimat ketiga

C. frasa ‚Äúpada dasarnya‚ÄĚ pada kalimat keempat

D. kata ‚Äútetapi dan bukan‚ÄĚ pada kalimat kedua


Jawaban:

Cermati paragraf berikut!

Pada saat membaca sambil tiduran atau rebahan biasanya cahaya akan terlindungi oleh buku yang dibaca. Apabila kebiasaan tersebut dilakukan terus-menerus bisa memengaruhi kondisi mata. Lambat laun mata akan menjadi rusak karena kurang cahaya.

Kalimat pendapat yang mendukung berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

A. Saya sependapat karena membaca sambil tiduran membuat saya mengantuk

B. Menurut saya membaca sambil tiduran tidak akan berdampak pada mata malah bahkan membuat mata kita rileks

C. Saya tidak setuju karena bisa saja cara seperti ini merupakan metode balajar yang jitu bagi mereka, selain itu membaca bisa santai

D. Saya setuju karena membaca sangat memerlukan cahaya yang cukup agar mata kita tidak cepat lelah


Jawaban:

Teks diskusi terdiri dari tiga struktur, yaitu: Pendahuluan, isi, dan simpulan. Tulisan yang pembahasannya searah, setuju, dan bersifat mendukung topik yang menjadi bahasan dalam teks diskusi disebut….

A. pendapat pro

B. pendapat kontra

C. topik

D. isu


Jawaban:

Diskusi merupakan suatu bentuk kegiatan tukar pikiran yang teratur dan terarah. Baik kelompok kecil maupun besar. Tujuan diskusi adalah….

A. memperdebatkan masalah aktual dan menjunjung tinggi pendapat yang benar

B. membicarakan masalah terkini dan menentang pendapat orang lain

C. mencari kesepakatan serta kesepahaman gagasan atau pendapat

D. mencari ide-ide untuk dikembangkan menjadi sebuah karya yang diakui masyarakat


Jawaban:

Bacalah teks berikut!

(1) Siswa yang membawa handphone ke sekolah masih menjadi perdebatan. (2) Sebagian pihak sekolah menyarankan untuk membawa alat komunikasi tersebut. (3) Dengan membawa handphone ke sekolah, alat tersebut untuk media belajar dan memudahkan orang tua mengontrol anak-anaknya. (4) Namun, sebagian orang tua lebih memilih anaknya tidak membawa alat komunikasi tersebut.

Pendapat persetujuan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4


Jawaban:

Bacalah kutipan teks berikut!

Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook,cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.

Kutipan teks diskusi tersebut termasuk pada struktur….

.A. pendahuluan/isu

B. argumen pro

C. argumen kontra

D. simpulan


Jawaban:

Perhatikan kalimat berikut!

Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.

Kalimat tersebut mengandung konjungsi yang menyatakan ….

A. perbandingan

B. perlawanan

C. penambahan

D. urutan


Jawaban:

Materi Latihan Soal Lainnya:



Tentang LatihanSoalOnline.com

Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.