Latihan Soal Bahasa Indonesia SD Kelas 4

Preview:


Pada zaman dahulu, di Jawa Barat ada seorang lelaki yang sangat kaya Seluruh sawah dan ladang di desanya menjadi miliknya.

Latar tempat pada penggalan cerita tersebut adalah ….
_
A. sawah

B. ladang

C. di desanya

D. Jawa Barat


Rama Harimau memiliki seorang putra namanya si Loreng. Tidak seperti Rama, Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si Loreng binatang di hutan. Selain sangat jahil. dia juga sombong. Sering si Loreng menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang Semut Merah. Segera sarang itu ditutup menggunakan batu.

Watak Rama Harimau adalah ….
_
A. jahil

B. bengis

C. bijaksana

D. sombong


Pagi hari, siang hari, di tepi pantai merupakan contoh dari ….

A. alur

B. latar atau setting

C. tema

D. cerita


Kalimat dalam teks ulasan berikutyang memuat tentang sinopsis/ isi buku adalah ….

A. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.

B. Buku ini mengupas pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolahan data.

C. Buku ini penting dibaca karena sebagai penuntun bagi orang tua, atau siapa pun, yang ingin mengamankan keluarga dan lingkungan di sekitarnya dari jerat narkoba.

D. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.


Cerita masa lampau yang menjadi ciri khas setiap daerah disebut ….
A. dongeng
B. cerita rakyat
C. fabel
D. mite


Cerita yang kejadiannya tidak benar-benar terjadi dan biasanya terdapat kejadian aneh, seperti sihir atau sulap adalah . . . .

A. Cerita rakyat

B. Cerpen

C. Novel

D. Dongeng


Pagi itu lebah Bee sedang asyik mengisap madu di taman bunga tempat tinggalnya, ketika dilihatnya Pupi si cantik kupu-kupu terbang memasuki taman itu juga. Wah, aku harus segera bersembunyi,” kata Bee sambil menyelinap di sela-sela rumpun mawar. Bee dan Pupi tak pernah akur meskipun mereka bertempat tinggal di taman yang sama. Setiap hari selalu ada hal yang mereka perdebatkan dan menjadikan pertengkaran.

Latar cerita tersebut adalah ….
_
A. hutan

B. kebun buah

C. taman bunga

D. halaman rumah


Bacalah teks berikut!

1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.

Pernyataan berupa kelebihan buku terdapat pada bagian ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4


Tokoh utama yang bersifat baik disebut ….
A. Protagonis
B. Antagonis
C. Tritagonis
D. Figuran


Perhatikan kutipan cerita di bawah ini!

“la sangat bersyukur sekali mendapatkan pekerjaan tersebut, namun sampai suatu ketika ia diperintahkan oleh saudagar kaya itu untuk ikut berdagang ke sebuah pulau yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya. Sesampainya di sana, ia diperintahkan untuk memberatkan timbangannya agar mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari pulau tersebut.”

Berdasarkan kutipan cerita tersebut, saudagar merupakan tokoh ….

A. protagonis

B. tritagonis

C. tambahan

D. antagonis


Dengan tertatih-tatih seorang nenek tua berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian nenek itu mengambil kan-ikan dan membawanya ke tempat yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, Nenek yang baik, kau telah menolongku dengan ikhlas. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari.” Nenek itu terperanjat penuh gembira.

Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah ….
_
A. Nenek mengambil ikan dan membawanya ke tempat air

B. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari.

C. Berbuat baiklah kamu kepada semua makhluk

D. Nenek itu terperanjat penuh gembira.


Tokoh yang menjadi penentang tokoh utama dan berwatak buruk atau negatif disebut ….

A. Protagonis

B. Antagonis

C. Tritagonis

D. Figuran


Ada sebuah keluarga miskin. Mereka menggantungkan hidup dari hasil berladang. Pak Somad begitulah orang memanggilnya. Walau tinggal di dalam gubuk, Pak Somad, anak, dan istri hidup bahagia.

Latar dari kutipan cerita tersebut adalah ….
_
A. hutan

B. keluarga miskin

C. sawah

D. Ladang


…Namun kegembiraan mereka mendadak lenyap setelah mengetahui ternyata di kepala si bayi laki-laki itu ada tanduknya. Mereka merasa malu dan takut dihina maupun diejek oleh orang-orang desa. Pada malam hari, bayi laki-laki itu dimasukkan ke dalam peti, bersama sebutir telur ayam dan secangkir beras lalu dihanyutkan ke sungai.Kakak perempuan si bayi mengetahui perbuatan orang tuanya. Ia sangat sedih. Diam-diam ia meninggalkan rumah dan mengikuti adiknya yang dihanyutkan ke sungai.

Watak tokoh kakak perempuan dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
_
A. Cuek

B. Pendendam

C. Penyayang

D. Ceria


Perhatikan data buku berikut!

Judul : Jangan Mau Jadi Pembolos

Penulis : Edi Warsidi

Penerbit : CV Alibaba, Manokwari

Tahun : 2010

Kelebihan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari

Kekurangan : Sampul buku kurang sesuai

Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …

A. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.

B. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.

C. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh.

D. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya CV. Alibabadengan penerbit Edi Warsidi, Manokwari, tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.


Nilai-nilai baik yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya disebut ….

A. sudut pandang

B. pesan moral

C. latar

D. alur


Rama Harimau memiliki seorang putra namanya si Loreng. Tidak seperti Rama, Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si Loreng binatang di hutan. Selain sangat jahil. dia juga sombong. Sering si Loreng menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang Semut Merah. Segera sarang itu ditutup menggunakan batu.

Tokoh yang berwatak antagonis adalah ….
_
A. Semut Merah

B. Si Loreng

C. tidak ada

D. Rama Harimau


Pernyataan yang merupakan kekurangan dalam buku adalah . . . .

A. Tampilan buku ini kurang bagus karena tidak berwarna

B. Buku ini melukiskan keunikan setiap candi-candi di Indonesia

C. Candi-candi yang tersebar merupakan kekayaan budaya dan pariwisata

D. Buku Jelajah Candi Kuno karya Wiratna Sujarweni mengajak kita berwisata ke candi-candi yang ada di Indonesia


Pada zaman dahulu, di daerah Jawa Barat ada seorang lelaki yang sangat kaya. Seluruh sawah dan ladang di desanya menjadi miliknya.

Latar tempat pada penggalan cerita tersebut adalah ….

A. sawah

B. ladang

C. di desanya

D. daerah Jawa Barat


Pagi itu lebah Bee sedang asyik mengisap madu di taman bunga tempat tinggalnya, ketika dilihatnya Pupi si cantik kupu-kupu terbang memasuki taman itu juga. Wah, aku harus segera bersembunyi,” kata Bee sambil menyelinap di sela-sela rumpun mawar. Bee dan Pupi tak pernah akur meskipun mereka bertempat tinggal di taman yang sama. Setiap hari selalu ada hal yang mereka perdebatkan dan menjadikan pertengkaran.

Tokoh-tokoh dalam cerita tersebut adalah ….
_
A. Bee dan Pupi

B. Bee dan kupu-kupu

C. Lebah dan Pupi

D. Lebah dan kura-kura


Informasi yang bisa kita peroleh dari cover buku tersebut adalah ….

A. Judul buku, halaman dan harga buku

B. Judul buku, penulis dan penerbit

C. judul buku, isi cerita buku dan halaman buku

D. judul buku, nama penulis dan cita-cita penulis


Para binatang di sebuah peternakan meributkan siapa yang menjadi pemimpin mereka. Akulah yang pantas menjadi pemimpin. Aku binatang paling besar dan paling kuat di peternakan ini, kata Kerbau

Watak tokoh Kerbau dalam cerita tersebut adalah ….
_
A. kuat

B. dermawan

C. sombong

D. lemah


“Hai, Mut, kamu sedang apa? tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang. Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas-malasan dahulu,” kata belalang lagi.

Berdasarkan cerita diatas, sifat yang ditunjukkan oleh Belalang adalah ….
_
A. Pemarah

B. Pemalas

C. Sombong

D. Rakus




Tentang LatihanSoalOnline.com

Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.