Latihan Soal Online

Animasi dan DGP - Desain Grafis SMK Kelas 11

Latihan 40 soal pilihan ganda Animasi dan DGP - Desain Grafis SMK Kelas 11 dan kunci jawaban.


Preview 10 soal pertama:

Sebuah desain grafis jika diberi warna hasilnya lebih menarik, dan berkesan lebih hidup dibandingkan dengan yang tidak berwarna. Pemilihan warna harus diperhatikan dengan baik agar tidak mengurangi keindahan desain grafis yang dibuat. Sebuah desain grafis memiliki warna yang baik jika

A. memilih warna yang terang menyala, misalnya merah

B. desain grafis terdiri dari 2 macam warna yaitu hitam dan putih

C. perpaduan warna yang dipilih adalah warna yang tidak terlalu terang, dan cenderung gelap

D. perpaduan warna yang dipilih dipadukan pada warna yang bisa menyatu dengan warna latar atau objek maupun teks

E. dengan grafis menggunakan lebih dari tidak warna yang dipilih


Jawaban:


Dalam dunia desain grafis, bidang tidak sebatas dengan bentuk lingkaran, segitiga, dan lainnya. Tetapi bidang juga berbentuk

A. elemen desain grafis yang lainnya

B. area kosong yang berbeda di antara elemen-elemen visual

C. warna dan garis yang termasuk dalam elemen desain grafis

D. semua benda yang berbentuk geometris

E. semua benda yang termasuk non geometris


Jawaban:


Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah

A. 800 X 600 pixels

B. 600 X 800 pixels

C. 550 X 400 pixels

D. 400 X 550 pixels

E. 1280 X 800 pixels


Jawaban:


Berikut aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi

A. Adobe flash dan Blender

B. Adobe Premiere dan Adobe after effect

C. Blender dan Autodesk 3dsmax

D. Cool edit dan Proshow

E. Autdesk 3dsmax dan Proshow


Jawaban:


Blender merupakan perangkat lunak grafis 3 dimensi yang bersifat bebas (open source), artinya

A. Dibawah GNU General Public License

B. Dilindungi oleh undang-undang hak cipta

C. Dilindungi license

D. Berbayar selama durasi pemakaian tertentu

E. Tidak digratiskan untuk penggunaan secara umum


Jawaban:


Gambar full colour dalam istilah cetak disebut

A. Printing

B. Artistic

C. Raster

D. Line art

E. Sparasi


Jawaban:


Desain grafis memberikan berbagai manfaat dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Nilai positif yang diperoleh peserta didik ketika media pembelajaran di sekolah menggunakan desain grafis adalah

A. kreativitas peserta didik lebih meningkat jika dibandingkan dengan media pembelajaran sebelumnya

B. pemahaman peserta didik terganggu karena gambar susah dimengerti jika dibandingkan menggunakan kata-kata

C. peserta didik tidak dapat mengembangkan kemampuan menyusun kata jika dibandingkan menggunakan gambar

D. menggunakan gambar atau bentuk visual dalam bidang pembelajaran dapat membuat peserta didik lebih mudah menangkap materi yang disampaikan

E. peserta didik menjadi tertarik pada materi desain grafis


Jawaban:


Pada software 3Dmax, terdapat tombol-tombol perintah untuk membuat objek, baik 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. Cara membuat object 2 Dimensi yaitu pilih tombol Create -> Shape -> Splines. Adapun objek yang dapat dibentuk pada Splines adalah

A. Box

B. Sphere

C. Star

D. Prism

E. Pyramids


Jawaban:


Viewport pada software aplikasi 3DsMax dapat menampilkan hingga …. Bagian

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5


Jawaban:


CorelDraw sangat populer di masyarakat, terlebih dalam dunia desain. Hampir setiap orang yang berkecimpung di dunia desain dapat menggunakan CorelDraw. alasan yang mendasari pemilihan menggunakan CorelDraw dibandingkan aplikasi lainnya adalah

A. coreldraw tergolong software yang open source sehingga mudah didapatkan

B. penggunaan tool dalam coreldraw mudah dipahami, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakan

C. banyak komunitas pengguna coreldraw yang memudahkan ketika ada kesulitan yang dihadapi

D. tutorial menggunakan coreldraw lebih banyak dibandingkan software lainnya

E. gambar yang dihasilkan lebih baik dari pada software lainnya


Jawaban: